Setiap keluarga pati memiliki rencana masa depan, seperti liburan, memiliki rumah dan mobil sendiri, hingga biaya pendidikan anak dan dana pensiun. Rencana tersebut pasti memerlukan uang yang banyak sehingga perlunya mengatur keuangan agar uang dapat tersimpan dengan baik.

Besar kecilnya gaji pun terkadang berpengaruh terhadap cara pengelolaannya. Bagi yang memiliki gaji kecil, mungkin akan kesulitan untuk menyimpan uang untuk beberapa hal seperti dana darurat, biaya kuliah, dana pensiun dan sebagainya.

Untuk itu, berikut beberapa tips untuk mengatur keuangan rumah tangga meski gaji yang dimiliki tak seberapa, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (9/7/2021).

1. Lakukan evaluasi cicilan atau biaya rumah

Banyak yang kesulitan untuk mengatur keuangan keluarga karena cicilan rumah (KPR) sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan. 

Baca Juga: Biar Gak Boncos di Akhir Bulan, Ini Cara Jitu Memulai Perencanaan Keuangan Keluarga

Untuk itu, cari KPR yang menawarkan cicilan paling kecil, atau jika belum mampu mengambil cicilan rumah, sebaiknya carilah sebuah kontrakan yang murah. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas