Old but Gold. Moms pasti tahu dong cemilan jadul yang satu ini. Bola ubi kopong merupakan makanan tradisional asal Bandung, Jawa Barat. 

Sesuai dengan namanya, cemilan yang satu ini berbahan dasar ubi boleh ubi ungu atau pun ubi kuning. Tapi Moms, ternyata jenis ubinya juga bisa memengaruhi teksturnya, lho

Tasyi Athasyia influencer makanan dan masakan ini membagikan tips dan trik untuk membuat bola ubi kopong super mudah yang pastinya anti gagal nih Moms. 

Mengutip dari unggahan channel Youtube pribadinya pada (9/7/2021), Tasyi mengatakan sebaiknya dalam membuat bola ubi menggunakan ubi berwarna putih atau kuning. Kalau pun ingin menggunakan ubi ungu, sebaiknya membuat bola ubi dengan ukuran yang kecil. 

Hal ini dikarenakan ubi ungu cukup susah untuk mendapatkan tekstur kopong. Selain itu tips untuk memasak bola ubi setelah dibulat-bulat sebaiknya didiamkan sekitar 30 sampai 1 jam sebelum digoreng.

Serta pada saat menggoreng, pastikan minyak sudah dalam keadaan panas ya Moms. Dan ketika sudah panas, Moms harus mengecilkan apinya pada saat penggorengan berlangsung.

Berikut ini resep membuat Bola Ubi Super Kopong ala Tasyi Athasyia. 

  • 125 gram Ubi cilembu
  • 20 gram gula pasir
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1/4 sdt baking powder double acting

Moms perlu diingat juga nih, waktu menggoreng bola ubi harus sambil diputar dan sedikit ditekan agar hasil kopongnya maksimal. Serta menggunakan gramasi ubi saat sudah dikukus. 

Baca Juga: Ayu Ting Ting Sadar Dihujat Gegara Tudingan Plagiati Konten YouTube Kembaran Tasya Farasya: Bukan Cuma Gue Doang!

Selamat mencoba, Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas