Beauty pasti mau kan miliki kulit glowing dan bebas dari jerawat? Kini bukan sekedar impian aja lho. Dengan menggunakan Retinol, bahan aktif skincare yang mengandung vitamin A ini dipercayai berfungsi untuk mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit bahkan mencegah penuaan dini. 

Melansir dari laman hellosehat.com pada Minggu (11/7/2021), retinol yang terbuat dari vitamin A ini digadang-gadang sebagai 'aktor' utama pada produk anti-aging karena mampu merangsang produksi kolagen. Enggak cuman itu aja Beauty, retinol juga dipercaya mampu membuat kulit lebih halus karena mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit mati. 

Manfaat Retinol Bagi Kulit

Retinol bisa menyembuhkan bahkan mencegah jerawat karena fungsi retinol untuk membuka pori-pori agar kulit mampu menyerap obat jerawat serta mengurangi produksi minyak pada kulit dan peradangan. 

Produk berbahan retinol juga dipercayai mampu mencegah kulit akibat penuaan sebab kandungan tretinion yang meningkatkan produksi kolagen. Tak cukup sampai disitu, tretinoin bisa membantu memudarkan flek hitam lho

Bukan itu aja Beauty, serum retinoid jenis tretinoin juga ditenggarai mampu menghilangkan milia. Senyawa yang terkandung mampu mengikis milia dan mencegah benjolan-benjolan muncul ke permukaan sehingga kulit menjadi lebih rata. 

Retinol juga Memiliki Efek Samping

Tak semua produk memiliki kesempurnaan ya, Beauty. Retinol juga bisa memberikan efek samping kalau enggak digunakan secara teratur. Seperti kulit kering, iritasi, perubahan warna kulit, serta kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit kemerahan bahkan melepuh. 

Beauty sebaiknya saat menggunakan retinol usahakan hindari matahari pagi pada pukul 10 pagi dan jam 2 siang. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab tabir surya dengan minimal SPF 30 ya Beauty saat akan berpergian. 

Perlu digaris bawahi juga ya, penggunaan retinol sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan kecacatan pada janin. 

Baca Juga: Caranya Gampang! Punya Kulit Glowing Tanpa Perlu Rogoh Kocek yang Dalam? Lakukan 3 Tips Ini

Jadi, cek kembali kandungan yang ada pada rangkaian skincare mu ya, Beauty!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas