Wajar jika seorang ibu hamil dipenuhi rasa ingin tahu tentang bayinya yang akan segera lahir. Apalagi jika bayi yang dikandungnya merupakan anak pertama.

Ada kalanya seorang ibu hamil ingin berbicara dengan sang jabang bayi yang masih di dalam kandungan. Tak hanya ibu, ternyata bayi juga bisa memahami cara komunikasi. Salah satu cara menandakan bahwa bayi mengetahui apa yang dikomunikasikan orang tuanya adalah ditandai dengan tendangan lho.

Tendangan ini seperti bahasa rahasia yang diberikan si kecil kepada ibunya. Melansir laman MomJunction (7/12/2021) berikut ini adalah arti tendangan yang diberikan si kecil saat masih di dalam kandungan:

1. Kesehatan Bayi

Tendangan yang diberikan si kecil bisa menandakan kesehatannya lho. Jika bayimu aktif menendang-nendang, itu berarti bayimu sedang tumbuh dan aktif dan kesehatannya dalam kondisi yang sangat baik.

2. Rasa Makanan

Seberapa sering kamu merasakan tendangan dari bayi ketika mengonsumsi makanan? Ternyata tendangan bisa menjadi salah satu reaksi bayi terhadap makanan yang dikonsumsi ibunya.

Jika kamu makan sesuatu dan bayi di dalam kandungan mulai menendang-nendang dengan gembira pada saat itu, kemungkinan besar makanan yang dikonsumsi sangatlah enak.

3. Ukuran Bayi

Ketika bayi sudah bisa menendang, itu berarti ia tumbuh di dalam kandungan. Tendangan bayi bisa menandakan ukuran tubuhnya di dalam kandungan. Inilah sebabnya mengapa para dokter umumnya mengukur bayi ketika sedang USG. Pasalnya ukuran bayi juga menandakan kesehatannya.

4. Bayi Mendengarkan Ibunya

Baca Juga: Lagi Program Hamil? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini Deh, Dijamin Bisa Tingkatkan Kesuburan!

Tendangan jadi salah satu cara bayi merespons orang tuanya. Pada minggu ke-18, telinga bayi mulai menonjol ke samping dan pendengarannya juga berkembang. Jika kamu mengajaknya berbicara dan ia memberikan tendangan, itu berarti si kecil sedang mendengarkanmu.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas