Rambut panjang yang sehat memang menjadi dambaan setiap orang. Namun, pada kenyataannya, memanjangkan rambut bukanlah proses yang mudah serta cepat.

Rambut memiliki beberapa siklus pertemubuhan. Pertumbuhan rambut pun terdiri dari tiga bagian, yakni anagen, katagen, dan telogen.

Anagen merupakan fase ketika pertumbuhan rambut terjadi secara aktif dan dapat memakan waktu selama bertahun-tahun. Tetapi, berapa lama fase anagen ini berlangsung, tergantung pada faktor genetik.

Setelah rambut berhenti tumbuh dan terpisah dari folikelnya, fase ini disebut dengan fase katagen yang dapat terjadi sekitar 10 hari lamanya.

Setelah fase katagen usai, folikel rambut akan beristirahat selama dua hingga tiga bulan, lalu rambut pun rontok (telogen). Fase anagen berikutnya akan dimulai saat rambut baru tumbuh di folikel yang sama.

Baca Juga: Kepribadian Ternyata Bisa Dilihat dari Gaya Rambut, Kamu Tipe yang Mana?

Dilansir dari hellosehat.com, normalnya, seseorang akan kehilangan 50-100 rambut per hari ketika mengalami siklus ini. Jika siklus menumbuhkan rambut terganggu atau folikel rusak, rambut akan mengalami kerontokan lebih cepat. Akibatnya, rambut pun akan menjadi lebih tipis.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas