Ketika sudah terikat dalam hubungan pernikahan, bukan berarti masalah hidup akan selesai. Justru pernikahan jadi babak baru dalam menjalani kehidupan bersama pasangan. Dibutuhkan upaya untuk melindungi, memelihara, dan menumbuhkan biduk rumah tangga.

Dengan berbagai masalah yang menerpa, terkadang tampaknya mustahil untuk mempertahankan rumah tangga. Ketika masalah muncul, beberapa pasangan menemukan bahwa lebih sehat untuk bercerai dan berpisah daripada terus bertengkar.

Tapi, perpisahan juga bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hubungan. Jika kamu ingin tetap bersama pasangan dan menghindari perceraian, ada langkah proaktif yang bisa diambil. Dilansir dari laman Verywell Mind (13/7/2021) berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kualitas hubungan rumah tangga:

Berkomitmen pada Hubungan

Ketika pernikahan dalam kondisi kurang baik, mungkin terbesit pikiran bahwa semuanya akan baik-baik saja apabila berpisah. Tapi, ternyata ini adalah hal yang kurang tepat. Pasalnya ketika memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan kamu harus berkomitmen untuk melangsungkah hidup selamanya bersama pasangan.

Percayalah bahwa perceraian bukanlah suatu pilihan. Membuat komitmen akan membantu untuk fokus membangun hubungan yang lebih kuat daripada memikirkan seperti apa kehidupan di luar pernikahan.

Baca Juga: Jangan Kelepasan! Ini 4 Cara Menghindari Perceraian Setelah Bertengkar Hebat

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas