Masalah kesehatan mental tak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Terutama di masa pandemi Covid-19, yang membuat berbagai kativitas bermain anak-anak untuk mengeskplor sekitarnya serta bencengkrama bersama teman-teman menjadi sangat terbatas.

Penelitian yang dilakukan Smantha Brooks pada pertengahan Juni 2020, post-traumatic stress symptom (PTSS) meningkat kepada anak-anak sebesar 28-34 tercatat 20i subyek penelitian tersebut bahkan mengalami ketakutan saat menjalani karantina di rumah.

Beragam kesehatan mental pun mulai muncul, seperti depresi, kehilangan mood, mudah tersinggung, insomnia, hingga kelelahan secara emosi. 

Ketty Murtini, Psikolog dari Biro psikologi Metafora Purwokerto, mengatakan bahwa penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak agar mereka tetap merasa nyaman dan bahagia.

Baca Juga: Moms, Yuk Coba 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Anak, Jangan Sampai Si Kecil Stres Ya!

Untuk itu, berikut tips bagi orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak di tengah pandemi, dikutip dari cigna.co.id, Selasa (13/7/2021).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas