Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi karena tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin. 

Insulin sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk membantu sel-sel tubuh mengambil gula darah dan mengubahnya menjadi energi.

Diabetes termasuk ke dalam penyakit autoimun di mana adanya suatu kondisi yang berkembang ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh.

Golongan Darah yang Dianggap Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes

1. Menurut sebuah studi pada 2020 yang diterbitkan dalam International Journal of Chronic Disease, kelompok masyarakat yang trediri dari 424 orang, golongan darah O dikaitkan dengan penuruan risiko diabetes tipe 2, sedangkan golongan darah B dikaitkan dengan peningkatan risiko

2. Menurut studi lainnya dalam Journal Public Health Genomics ketika meneliti 740 partisipan, ditemuka bahwa golongan darah A memiliki risiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

3. Dalam studi yang diterbitkan dalam International Journal of Hermatology and Blood Disorders pada tahun 2017 dari Pakistan yang meneliti 2.258 mahasiswa, kelompok partisipan dengan golongan darah B memungkinknan untuk mengembangkan diabetes dengan golongan darah lainnya.

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Tahu Nih! 4 Obat Ini Ampuh Atasi Komplikasi Akibat Melonjaknya Kadar Gula Darah

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas