Tanggung jawab orang tua terhadap anak, secara umum ialah mengasuh, memelihara, mendidik, serta melindungi anak. Kewajiban terbesar ada di tangan ayah, selaku kepala rumah tangga atau imam dalam keluarga.

Bahkan, demi menjaga kehormatan orang tua dan kehidupan seorang anak, negara ikut andil dalam menetapkan hukum.

Untuk itu, ketahuilah 3 kewajiban orangtua dalam Islam saat mengasuh anak. Apa saja? Simak ulasannya:

1. Memberi Nama yang Baik

Kewajiban orang tua yang pertama adalah memberikan nama yang baik. Nama yang baik merupakan doa yang akan Anda sebut selamanya. Doa itu pun akan selalu mengarlr seiring Anda memanggil namanya.

"Sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-nama kamu sekalian, maka perbaguslah nama kalian." (HR. Abu Dawud). 

2. Memberi Anak Air Susu Ibu (ASI)

Seorang Ibu wajib memberinya Air Susu Ibu (ASI).  Dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 233 "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan pernyusuannya”. 

Ini juga menjadi kewajiban ibu dalam keluarga dalam memberikan kasih sayang pada anaknya. Tak diragukan lagi kalau ASI adalah makanan pertama bayi yang besar manfaatnya.

3. Mendidik Anak dengan Baik

Pendidikan untuk anak inilah hal yang paling penting dan paling utama harus diberikan pada anak. Seorang anak harus mendapatkan pendidikan yang baik dan sama dengan anak-anak lainnya.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Orang Tua Sering Membentak Anak, Efeknya Mengerikan...

Termasuk pendidikan mengenai agama dan akhlak-akhlak yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama Islam.  “Tiada satu pemberian yang lebih utama yang diberikan ayah kepada anaknya selain pengajaran yang baik”.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas
Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.