Migo Indonesia selenggarakan workshop nasional yang bertujuan untuk membagikan berbagai informasi serta cara baru belajar dan kreatif untuk guru, orang tua, dan siswa di rumah selama pandemi. Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama Migo Indonesia, Citizen Engagement Mechanism Specialits USAID IUWASH PLUS, dan Pendongeng Rika Endang Triyani, Kamis (15/7/2021).

Masa pembelajaran jarak jauh selama pandemi membuat anak-anak merasa bosan ketika belajar di rumah. Pendongen Rika Endang Triyani menjelaskan konsep storytelling yang bisa menjadi metode pembelajaran efektif, baik untuk orangtua, guru dan siswa di rumah.

“Dongeng adalah kegiatan yang mudah, sederhana, dan menyenangkan cukup dengan cerita yang kuat, akan menjadi dongeng menarik untuk anak,” ungkap Rika dalam acara Workshop Nasional #CaraBaruBelajar Mendongeng Bersama Migo Indonesia yang diselenggarakan secara virtual.

Rika pun menambahkan berbagai aspek yang ada pada dongeng bisa menjadi satu ingatan baik dan tidak terlupakan untuk anak-anak. Metode ini bisa digunakan ketika orang tua dan pengajar menjelaskan teori akademis seta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. 

“Suara jelas, disertai mimik dan gestur menunjang akan menambah kekuatan suatu dongeng. Berbagai aspek inilah yang membuat dongeng bisa menjadi satu ingatan baik dan tidak terlupakan untuk anak-anak. Orang tua dan pengajar bisa mencoba metode ini untuk menjelaskan teori akademis serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Rika pun menegaskan bahwa mendongeng bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan apapun yang ada di sekitar anak supaya anak bisa mendapatkan ilmu dengan cara yang lebih menyenangkan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas