Pisang merupakan buah yang banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Pisang bisa dimakan dengan cara langsung, goreng, kukus, atau diolah menjadi kuliner lainnya.

Selain itu, pisang bisa menjadi mood food karena mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Hormon tersebut menyebabkan timbulnya perasaan senang.

Nah, berikut ini dilansir dari laman sindikasi GenPI.co membeber empat khasiat ekstra mengonsumsi buah pisang untuk tubuh:

1. Sumber karbohidrat dan vitamin A

Buah berwarna kuning ini kaya akan vitamin dan serat, loh. Tak hanya itu saja, pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium yang membuat tubuh tetap bugar.

Bahkan, kandungan karbohidrat dari pisang lebih dari dua kali lipat dari apel dan lima kali lipat vitamin A nya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Di masa pandemi covid-19 ini kita harus menjaga kekebalan tubuh agar tak mudah terinveksi virus. Untuk itu, banyak ahli menyarankan buah pisang supaya dikonsumsi tiap hari.

Kandungan yang ada di dalam buah pisang antara lain vitamin A, C, dan B6 berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga, tubuh terasa segar dan tidak cepat lemas.

3. Pisang pelancar metabolisme

Nah, untuk kamu yang kekurangan serat mengonsumsi buah pisang sangat di sarankan.

Dengan makan pisang, kamu yang mengalami kesulitan saat buang air besar bisa membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

4. Menurunkan berat badan

Sudah tak asing lagi mengonsumsi buah pisang sebagai menu diet. karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tak menaikkan kadar glukosa secara drastis.

Baca Juga: 3 Resep Camilan Berbahan Dasar Pisang yang Mudah Dibuat, Yuk Dicoba!

Di samping itu, pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Mengikuti tren di Jepang, cara maksimal mengonsumsi buah pisang untuk diet adalah dengan minimal satu dan maksimal empat buah untuk sarapan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.