Jamu merupakan minuman herbal yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Namun, ternyata jamu bisa berbahaya lho kalau kamu konsumsi saat sedang hamil.

Demi menjaga kesehatan ibu hamil, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang dilarang selama masa kehamilan. Ada beberapa ramuan herbal yang enggak boleh dikonsumsi ibu hamil karena dapat memicu kontraksi.

Melansir dari berbagai sumber (16/7/2021), inilah beberapa jamu yang enggak boleh diminum oleh ibu hamil. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya, Bumil!

Kunyit asam

Kunyit asam menjadi salah satu jamu yang enggak boleh diminum oleh ibu hamil. Pasalnya, kunyit mengandung kurkumin yang mampu mengubah hormon estrogen dalam tubuh. Nah, hal itulah yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim dan juga pendarahan. Jadi, hindari konsumsi jamu kunyit asam, ya.

Ginseng

Ginseng juga merupakan salah satu bahan jamu yag dilarang untuk ibu hamil. Ginseng mengandung ginsenoside Rb1 yang bisa membahayakan janin. Kamu juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi ginseng, terutama pada trismester awal kehamilan.

Baca Juga: 4 Jenis Gangguan Vagina yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil, Moms Catat Baik-baik Nih!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas