Industri musik Tanah Air sudah melahirkan banyak musisi ternama yang mendulang kesuksesan hingga saat ini. Namun, mereka tak serta merta mendapatkan kepopularitasan dengan cara instan.

Mereka harus menempuh jalan berliku sebelum mendapatkan kesuksesannya sebagai seorang musisi. Bahkan, banyak juga di antaranya yang harus merasakan kerasnya mengais rupiah di jalanan. 

Dengan kata lain, mereka pernah menjadi pengamen jalanan sebelum kariernya melejit di industri hiburan Tanah Air. Panasnya jalanan tak membuat para musisi ini semangat untuk berjuang.

Upaya mereka pun membuahkan hasil, kini lima sosok yang dulunya pernah jadi pengamen ini sukses dan dikenal masyarakat.

Penasaran siapa saja? Simak daftar musisi pernah jadi pengamen sebelum kariernya melejit, seperti dikutip dari laman sindikasi suara.com, Jumat (16/7/2021).

Inul Daratista

Nama Inul Daratista dikenal sebagai pedangdut yang memopulerkan goyang ngebor. Kini, penyanyi yang bernama asli Ainur Rokhimah ini menjadi salah satu artis kaya. Meski demikian, ada juga yang mengatainya ndeso lantaran gaya bicara Inul yang medok.

Sebelum sukses jadi penyanyi papan atas sekaligus pebisnis, Inul bernyanyi dari satu panggung ke panggung lain. Bahkan, ia pun awalnya menerima gaji yang enggak seberapa.

Baca Juga: So Sweet Banget! Via Vallen Keciduk Tebar Kemesraan Pakai Panggilan Sayang: Serasa Dunia Milik Berdua

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.