Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi si kecil termasuk memberikan perawatan kulit agar tetap sehat. Sejatinya sejak lahir bayi sudah memiliki kulit yang lembut dan halus. Namun ada sebagian orang tua yang berpendat untuk menjaga kondisi tersebut dengan memberikan rangkaian skincare pada bayi karena merasa hal tersebut bagian yang penting. 

Faktanya, pemberian skincare pada bayi tak terlalu diperlukan jika kondisi kulit bayi sehat. Penggunaan skincare pada bayi baiknya jika memang terdapat masalah tertentu pada kulit bayi. 

Hal ini disampaikan dr. Atika mengingat kulit bayi terpantau sensitif. Sehingga jika salah dalam memilih produk justru akan menimbulkan masalah bagi kulit bayi. 

"Kalau memang ada masalah kulit kering, boleh pakai pelembab khusus bayi. Skincare selain itu tidak wajib. Tidak digunakan pun tidak apa-apa," tegas dr. Atika mengutip dari laman klikdokter.com.

Meskipun begitu, melansir dari klikdokter.com (16/7/2021), Moms tetap boleh untuk memberikan rangkaian perawatan bagi si kecil asalkan memerhatikan isi kandungannya yang ramah dan khusus bagi bayi. Hindari produk yang mengandung bahan pewangi, pewarna, ftalat, paraben, alkohol, dan zat-zat lain yang bersifat keras. 

Berikut ini 5 rekomendasi produk yang cukup Moms berikan bagi si kecil. 

1. Sabun dan Sampo 

Baca Juga: Cemas Si Kecil Alami Kelainan karena Lutut Kakinya Bengkok? Ini Tanggapan Ahli, Perhatikan Moms!

Agar kondisi kulit dan rambut si kecil tetap sehat dan terawat, Moms bisa memberikan sabun dan sampo yang dikhususkan untuk bayi. Jangan berlebihan juga, ya Moms. Guna menghindari masalah kulit bagi si kecil.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas