Berpelukan kerap kali dimaknai sebagai bentuk rasa kasih sayang baik dari pasangan atau pun orang yang kita sayangi. Ternyata pelukan memiliki dampak positif lainnya lho, Moms. 

Mungkin ada sebagian dari kita yang kurang akrab dengan pelukan karena faktor kebiasaan. Enggak semua orang terbiasa dengan aktivitas simple yang satu ini. 

Faktanya, riset menunjukkan secara medis berpelukan memiliki dampak yang luar biasa. Baik secara fisik mau pun secara mental.

Perasaan hangat yang didapatkan dari pelukan ini berasal dari hormon oksitosin yang dilepaskan di tubuh kita selama berpelukan. Oksitosin merupakan antidepresan yang bisa membantu menghilangkan rasa cemas dan stres.

Melansir dari berbagai sumber (16/7/2021), berikut ini 5 manfaat dari berpelukan selain memberikan rasa nyaman. 

1. Hormon Bahagia Mengalir dalam Tubuh

Seorang pakar mengatakan terdapat efek biokimia dari sentuhan yang meliputi peningkatan serotonin dan bertambahnya oksitonin. Serotonin bekerja untuk mengatur perasaan bahagia sedangkan oksitonin merupakan hormon cinta yang dapat membantu mengurangi stres, depresi, atau emosi negatif lainnya. 

2. Imunitas Meningkat

Emosional ternyata memengaruhi tingkat imunitas lho Moms. Sebuah studi dari Carneige Mellon University, AS mengatakan bahwa berpelukan membuat orang dewasa tidak mudah terkena penyakit. 

3. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, dengan berpelukan selama 10 menit sebelum tidur atau ketika siang hari walau cuma sebentar juga dapat meningkatkan kualitas tidur. 

4. Mempererat Hubungan Intim

Berpelukan setelah berhubungan seksual dipercayai mampu meningkatan kepuasan dalam hubungan intim itu sendiri. Tak saat melakukan seks, Moms juga bisa melakukan aktivitas sederhana berpelukan sebelum tidur agar hubungan fisik dan emosional bersama pasangan dapat lebih dekat. 

5. Mengurangi Risiko Terkena Pilek

Moms pasti bingung bagaimana bisa berpelukan berhubungan dengan pilek? Hal ini didasari lantaran stres atau saat terkena masalah imun tubuh bisa menurun sehingga rentan terkena penyakit salah satunya pilek. Dengan berpelukan, seseorang dapat merasakan dukungan sosial yang lebih. Sebagian orang menganggap berpelukan menjadi salah satu penghalau stres. 

Baca Juga: Demi Keluarga Harmonis, Jangan Gengsi untuk Peluk Anak Ya! Ini Manfaat di Baliknya

Sekarang Moms sudah tahu kan manfaat lain dari berpelukan? Jadi, enggak perlu merasa gugup atau sungkan jika ingin memeluk karena bisa menjaga kesehatan mental dan fisik seseorang. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas