Sebuah penelitian menemukan golongan darah tertentu berisiko lebih terhadap serangan jantung. Menurut studi, orang dengan golongan darah A, B, dan AB, lebih memiliki risiko terkena penyakit jantung daripada orang dengan golongan darah O.

Pemilik golongan darah AB sendiri harus lebih disiplin menjalani gaya hidup sehat. Di antara golongan darah A, B, dan O, AB sendiri memiliki status risiko yang lebih tinggi untuk terkena serangan jantung, menurut penulis senior, Lu Qi, Asisten Profesor Departemen Nutrisi di Harvard School of Public Health di Boston.

Persentase Risiko Penyakit Jantung Berdasarkan Golongan Darah

Menurut peneliti, dari dua data penelitian besar yang dianalisis ditemukan bahwa orang dewasa setidaknya selama 20 tahun yang bergolongan darah AB memiliki 23 persen peningkatan risiko penyakit jantung.

Selain itu, mereka dengan golongan darah B berisiko penyakit jantung sebesar 11 persen. Untuk golongan darah A, memiliki risiko penyakit jantung sebesar lima persen, dibandingkan dengan mereka yang memiliki golongan darah O.

Meski belum ditemukan alasan yang pasti terkait golongan darah memengaruhi risiko penyakit jantung, tetapi beberapa bukti dari penelitian lain dapat memberikan sebuah petunjuk.

Baca Juga: Ternyata Tingkat Kecerdasan Bisa Dilihat dari Golongan Darah Lho Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas