Stroke menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan. Penyakit ini terjadi ketika pasokan darah menuju otak terganggu, sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi.

Stroke merupakan salah satu kondisi darurat yang harus segera ditangani karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit. Tindakan yang cepat dapat meminimalkan tingkat kerusakan otak dan mencegah munculnya komplikasi.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu penyakit stroke, lho. Apa saja? Yuk, simak baik-baik ulasan berikut ini seperti dikutip dari laman sindikasi GenPi.co (19/7/2021).

Asupan garam berlebihan

Salah satu pemicu penyakit stroke adalah asupan garam yang berlebihan. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan garam yang berlebihan dan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung natrium tinggi. Jangan sampai, hal-hal buruk mengintaimu karena kamu enggak memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Malas berolahraga

Selanjutnya, malas berlahraga juga bisa menjadi pemicu penyakit stroke. Sebuah studi menemukan bahwa berjalan dua jam per hari bisa mengurangi risiko perempuan menderita stroke sekitar 50 persen.

Enggak hanya itu, aktif berolahraga juga bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah. Kedua hal tersebut berhubungan erat dengan risiko stroke.

Baca Juga: Mungkin Enggak, Sih, Anak Muda Terserang Stroke? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas
Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.