Umat muslim saat bertemu hari Arafah dianjurkan untuk mengisi hari Arafah dengan berbagai macam ibadah dan kebaikan. Seperti berpuasa, perbanyak dzikir, berdoa, dan melakukan amal saleh lainnya. Hari Arafah juga menjadi puncak ibadah haji karena keutaman di dalamnya yakni adanya ampunan dosa. 

Salah satu amal saleh yang dianjurkan yakni dengan membaca surah-surah tertentu khususnya surah Al Ikhlas. Keutamaan hari Arafah semakin bertambah bilamana bertepatan dengan hari Jumat. 

Imam Nawawi dalam bukunya mengatakan, apabila hari Arafah bertepatan dengan hari Jumat, maka dosa-dosa yang melakukan wukuf pada hari itu diampuni. Untuk itu perbanyak zikir dan doa di hari Arafah, dikutip dari Republika.co.id (19/7/2021).

Dalam riwayat hadist oleh Ahmad bin Hanbal dari Ibnu Abbas dalam kitab Kanzun Najah Was Surur, Rasulullah SAW bersabda:

?? ??? ?? ?? ???? ??? ??? ??? ??? ???? ???? ?? ???

Artinya: Barang siapa membaca surah Al Ikhlas 1.000 kali pada hari Arafah, akan dikabulkan seluruh permintaannya. 

Keutamaan lain dari surah Al Ikhlas sebagaimana sabda Rasulullah, orang yang membaca surah Al Ikhlas ketika sakit hingga ia meninggal, niscaya orang tersebut tidak akan membusuk dalam kuburnya dan akan diselamatkan dari sempitnya kubur oleh malaikat. 

Rasulullah juga menyebutkan bahwa membaca surah Al Ikhlas sekali ganjarannya sama dengan membaca 10 juz Al Qur'an. Lalu dengan membacanya sebanyak 3 kali, khatamlah membaca Al Qur'an. 

Tak sampai disitu, keutamaan hebat lainnya dari surah Al Ikhlas yakni pada ayat pertamanya tertulis pada sayap malaikat Jibril, ayat kedua pada sayap malaikat Mikail, ayat ketiga pada sayap malaikat Izrail, dan ayat keempat tertulis pada sayap malaikat Israfil. 

Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahannya kepada kita semua. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas