Bayi sangat membutuhkan tidur. Saat tidur, hormon pertumbuhan bekerja untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, hingga mengatur metabolisme tubuh serta perkembangan otak bayi.

Bayi membutuhkan tidur sekitar 18 jam per hari hingga usianya satu bulan. Setelah itu, memasuki umur 2 bulan-1 tahun, jam tidur bayi pun akan berkurang menjadi 12-14 jam.

Bayi belum mengenal waktu siang dan malam, akibatnya ia sering terlalu lama tidur di siang hari dan terjaga saat malam. Kondisi ini yang sering membuat orangtua jadi seperti 'zombie'.

Untuk itu, ikuti cara ini supaya bayi bisa tidur dengan nyeyak di malam hari, dikutip dari berbagai sumber, Senin (19/7/2021).

1. Tenangkan dengan membedong bayi

Bayi suka dengan udara yang hangat. Bayi juga masih sering terkejut sehingga mudah terbangun. Menggunakan bedong bisa mengatasi rasa dingin dan refleks kejut. Bedong membuat bayi serasa dipeluk dan segera tidur lagi saat terbangun. Pilihlah kain bedong yang lembut dan nyaman di kulit bayi.

2. Mengurangi frekuensi mengganti popok

Baca Juga: Gak Melulu Buruk, Ini Sederet Manfaat Tidur Bersama Si Kecil

Dokter menyarankan untuk mengurangi penggantian popok bayi terlalu sering di malam hari. Untuk itu, menjelang malam, pakaikan bayi popok dengan daya serap tinggi dan antibocor sehingga waktu tidurnya maksimal.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas