Bagi banyak orang, salah satu yang susah untuk ditinggalkan saat sedang diet adalah mengurangi asupan gula harian. Tak sedikit yang kesulitan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis, seperti cokelat, kue, dan boba.

Namun, salah satu solusi untuk mengurangi asupan gula adalah mengganti menu itu dengan buah. Pasalnya, buah tak hanya rendah gula dan kalori, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral.

Selain bisa menurunkan berat badan, beberapa buah ini juga sangat baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes lho. Hal itu disebabkan karena buah bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut dilansir dari laman sindikasi GenPI.co membeber lima buah rendah kalori yang cocok dikonsumsi saat diet dan juga bagi para penderita diabetes:

1. Pepaya

Pepaya mengandung enzim yang bisa memperbaiki kondisi pencernaan. Tak hanya itu, pepaya rendah kalori dan kaya akan vitamin dan mineral.

2. Semangka

Tak banyak yang tahu bahwa 90 persen dari semangka adalah air. Oleh karena itu, semangka ampuh untuk menjaga kalian tetap terhidrasi serta memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

3. Kiwi

Kiwi terkenal dengan rasanya yang manis dan segar. Oleh karena itu, kiwi cocok bagi kamu yang ingin mengonsumsi makanan manis.

Selain itu, kiwi juga mengandung Vitamin C yang tinggi.

4. Pir

Tak beda jauh dengan pepaya, pir ampuh untuk memperbaiki kondisi sistem pencernaan. Satu buah pir mengandung 85 kalori, 14,6 gram gula, dan 4,7 gram serat.

5. Beri-berian

Beri-berian seperti stroberi, bluberi, dan rasberi mengandung serat yang sangat tinggi. Di sisi lain, kandungan gulanya sangat rendah.

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Tahu Nih! 4 Obat Ini Ampuh Atasi Komplikasi Akibat Melonjaknya Kadar Gula Darah

Selain itu, beri-berian mengandung banyak sekali vitamin dan antioksidan, sehingga cocok untuk diet.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas
Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.