Sebagai orang tua yang soleh dan solehah, pastinya ingin memiliki anak dengan nama bernuansa Islam. Walaupun sudah banyak nama dengan bahasa Arab, akan tetapi dengan sedikit mencari, akan mendapatkan nama yang masih jarang dipakai orang lain.

Nama Islami juga memiliki makna doa dan harapan untuk si kecil. Berikut ini 5 nama anak perempuan dengan nuansa Islami yang jarang digunakan, dilansir dari berbagai sumber:

1. Casilda

Memiliki makna yakni wanita pejuang. Dalam sejarah Islam, dijelaskan bahwa Casilda merupakan satu-satunya pejuang wanita yang pemberani untuk membela desanya dari serangan Spanyol.

Memberikan nama ini sama dengan mendoakannya kelak menjadi wanita yang pemberani.

2. Emalia

Merupakan salah satu nama perempuan yang memiliki makna sangat dalam. Yakni berarti kepercayaan dan keyakinan.

Sehingga, dengan memberikan Emalia sebagai panggilan tersirat doa, kelak dia memiliki keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan-nya.

3. Kalila

Berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘kekasih’. Nama ini terdengar menggemaskan dan memiliki kesan yang segar dan sangat lucu.

Nama ini juga sangat bagus apabila digabungkan dengan bahasa Indonesia yang khas. Selain jarang, nama ini sangat mudah dihafal dan menyenangkan saat diucapkan.

4. Leilah

Adalah nama bayi terdengar cantik. Berasal dari bahasa Arab Leila yang berarti ‘kecantikan yang gelap’. Leilah akan terdengar cantik, misterius, dan pilihan bagus untuk diberikan pada si kecil sebagai nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai.

5. Farrah

Selain memiliki aura yang menenangkan, Farrah berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti ‘kebahagiaan’. Hal ini akan membuat nama Farrah semakin indah.

Tak hanya itu, nama ini juga akan semakin menggemaskan bila digabungkan dengan bahasa lain.

6. Nura

Jika bunda terbiasa mendengar nama Noor atau Nur, cobalah Nura sebagai nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai. Varian dari bahasa Arab Noor, nama Nura berarti ‘penuh cahaya’ dan sangat indah.

Nama ini juga mengandung harapan agar si kecil akan menerangi hari-hari.

7. Haaniya

Tak perlu kemewahan dan segala macam yang membuat risau. Sebab, ‘bahagia itu sederhana'. Bikin adem.

Baca Juga: Catat! Ini 50 Nama Bayi Perempuan Berawalan K Beragam Macam Arti

Nama bayi perempuan Islam yang jarang dipakai terdengar elegan dan kuat ialah Haaniya. Memiliki arti ‘karunia kebahagiaan sederhana dalam hidup kita’, akan membuat segala hal yang akan dilalui menjadi lebih bermakna.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas
Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.