Setiap wanita pasti akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Tapi sekali pun siklus menstruasimu normal, bukan berarti Beauty bisa abai, ya! Darah saat menstruasi memiliki artinya tersendiri dan sebaiknya Beauty memerhatikan warna darah yang keluar karena bisa memengaruhi kesehatan lho

Menstruasi merupakan proses pendarahan karena tidak adanya pembuahan pada sel telur. Umumnya siklus menstruasi akan berlangsung selama sekitar 4-6 hari. Darah ini akan luruh dan dikeluarkan melalui organ intim vagina. 

Wanita yang sedang menstruasi biasanya akan merasakan sensasi perut dan punggung lantaran adanya kontraksi pada rahim. 

Kesehatan wanita sejatinya bisa dilihat melalui darah menstruasi yang keluar. Sebab darah menstruasi ini ada 7 warna lho Beauty, tapi enggak perlu khawatir juga ya terkait perbedaan warna darah menstruasi ini enggak selalu buruk. 

Berikut ini 7 jenis warna menstruasi yang harus Beauty tahu dilansir dari halodoc.com (21/7/2021).

1. Merah Muda

Warna darah ini biasanya muncul diawal menstruasi dan menjelang siklus berakhir. Darah yang berwarna merah muda menandakan rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh.

2. Merah Gelap

Baca Juga: 6 Warna Darah Menstruasi Sesuai Kondisi Kesehatan, Moms Catat Ya!

Selain berwarna merah muda, tanda siklus menstruasi akan berakhir juga ditandai dengan warna merah gelap. Serta darah menstruasi yang berwarna gelap juga bisa menandakan Beauty masih mengeluarkan darah nifas atau lokia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas