Beberapa waktu lalu sempat ramai yang mengatakan bahwa racikan air kelapa yang dicampur dengan jeruk nipis, madu dan garam disebut-sebut bisa dikonsumsi sebagai obat herbal pembunuh virus Covid-19.

Pesan tersebut juga mengatakan bahwa setelah 1 jam mengkonsumsi campuran bahan-bahan tersebut, virus dalam tubuh akan hilang dan tes swab akan menunjukkan hasil negatif.

Namun, dikutip dari laman resmi Covid19.go.ig, hal ini adalah hoax.

Dokter spesialis gizi klinik dr Sheena Ra, M. Gizi, SpGK menjelaskan bahwa makanan dan minuman bergizi tentu baik untuk dikonsumsi sebagai upaya memelihara daya tahan tubuh dan mencegah infeksi virus Corona. 

Namun, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa terdapat jenis makanan atau minumat ataupun ramuan tertentu yang bisa menghilangkan Covid-19.

Kandungan Air Kelapa

Air kelapa mengandung macronutrient dan micronutrient. Secara macronutrient, maka sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat.

Baca Juga: Berjuta Manfaat Air Kelapa, dari Mencegah Dehidrasi hingga Mengobati Infeksi Miss V

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas