Ketombe atau cradle cap pada bayi merupakan salah satu hal yang wajar terjadi. Cradle cap adalah lapisan yang berupa sisik berwarna putih dan berminyak pada kulit kepala si kecil.

Pasalnya, bayi yang mengalami cradle cap cenderung akan mengalami ketombe juga saat dia sudah beranjak dewasa. Maka, penting untuk segera dibersihkan sebelum dia berusia 12 bulan.

Namun, bagaimana cara mengatasi ketombe pada bayi baru lahir? Dilansir dari laman sindikasi GenPi.co, berikut adalah 4 cara mengatasi cradle cap pada kulit kepala si kecil, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

Oleskan minyak alami

Hal pertama yang bisa bunda lakukan yakni mengoleskan kepala bayi dengan minyak alami, seperti minyak kelapa, almon hingga alpukat. Usap secara perlahan dan diamkan hingga 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih yang hangat. Lakukan secara rutin hingga ketombe hilang sedikit demi sedikit.

Gunakan sisir lembut

Hindari sisir dengan gerigi yang rapat. Selama kepala bayi berketombe, gunakan sisir halus. Hal tersebut akan meminimalisir kulit kepala semakin banyak terkelupas.

Hindari menggosok kulit kepala

Selanjutnya, jangan memaksakan menghilangkan ketombe dengan cara digosok. Hal tersebut bisa membuat kulit kepala si kecil iritasi. Pasalnya, cradle cap akan terlepas sedikit demi sedikit dengan sendirinya.

Gunakan hair lotion

Baca Juga: Moms, Ini 3 Alasan Pentingnya Bayi Belajar Tengkurap, Manfaatnya Luar Biasa!

Terakhir, kamu bisa menggunakan lotion hair. Selain membuat kulit kepala menjadi lembut, produk ini bisa mengurangi memperparah ketombenya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas
Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.