Menjadi orang tua tunggal atau single parent seperti selebritas cantik Jessica Iskandar atau Jedar memang bukanlah hal yang mudah. Karena dirinya harus berusaha lebih ekstra untuk mengurus sang buah hati, tanpa peran ayah.

Perempuan yang kerap disapa Jedar pun dinilai berhasil membuat sang buah hati, El Barack, tumbuh menjadi anak cerdas. Melalui akun Instagram @inijedar, dirinya aktif memamerkan kegiatan bersama dengan sang anak.

Keberhasilan Jedar mengurus anak tentu enggak mudah, dilansir dari laman sindikasi GenPi.co rupanya dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak, terdapat tiga hal penting yang harus dipenuhi, yaitu nutrisi, stimulasi, dan cinta orang tua.

Di bawah ini tiga cara mengurus anak agar perkembangan anak berkembang lebih optimal:

1. Kasih sayang

Setiap anak memiliki perkembangan berbeda karena tergantung rasa kasih sayang yang diberikan orang tua. Usia 1-3 merupakan masa penting yang tidak bisa diulang di kehidupan selanjutnya.

Selama tiga tahun pertama kehidupan anak terjadi perkembangan otak yang sangat cepat. Buah hati pun menjadi mudah merespons segala sesuatu yang diterimanya dari lingkungan sekitar.

2. Nutrisi yang diperlukan

Orang tua harus memperhatikan nutrisi yang diberikan kepada anak. Dengan nutrisi tepat, si buah hati mampu mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, dan sosial emosional.

Selain itu, nutrisi yang cukup kepada anak bisa membuat jarang terkena sakit. Orang tua harus pintar-pintar menyediakan makanan dengan nutrisi lengkap seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

3. Ajari bersikap

Baca Juga: Kekasih Barunya Dituding Pria Gay, Jessica Iskandar Beri Klarifikasi, Vincent Kesal: Besok-besok Tolong Kroscek!

Usia ke 3-5, otak anak sedang berkembang dengan cepat, sehingga stimulasi diperlukan agar si Kecil tumbuh cerdas. Oleh karena itu, saat anak ingin mencari tahu terkait hal-hal baru, tugas bunda menjadi support system. Selain itu, dukung aktivitas anak

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.