Kasus infeksi covid-19 masih terus bertambah di beberapa wilayah di Tanah Air. Dengan begitu, beberapa fasilitas kesehatan pun mulai tak bisa menerima pasien karena kapasitasnya sudah penuh.

Untuk itu, beberapa pasien covid-19 yang OTG hingga bergejala ringan disarankan untuk isolasi mandiri di rumah. Jika kamu bingung hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan, berikut ini beberapa tips dari Dokter Faheem Younus seperti dilansir dari laman sindikasi JPNN.com.

Ilmuwan dan dokter dari University of Maryland School of Medicine Health, Amerika Serikat, itu menyebut beberapa obat yang efektif agar seseorang sembuh dari Covid-19.

"Gunakan tablet parasetamol, semprotan hidung oxymetazoline, kumur uap atau air hangat dan tidur yang nyenyak," tulis dia di Twittter akun @FaheemYounus, Selasa (20/7/2021).

Faheem di dalam tulisannya menyebut tak ada antibiotik dan vitamin yang bisa digunakan seseorang dalam rangka mengobati Covid-19.

"Tak ada antibiotik, ivermectin, vitamin, atau plasma yang dibutuhkan,\" tutur dokter yang mengantongi Certified Physician Executive (CPE) dan penghargaan Top Doc pada 2017 dan 2018 itu.

Faheem lantas menyarankan pasien positif Covid-19 terus memantau kadar oksigen di dalam darah selama menjalani isoman.

Selanjutnya, pasien terkonfirmasi diharapkan menjalani isoman sekitar tiga pekan.

"Pantau oksimetri nadi Anda setiap hari. Pemulihan dalam dua-tiga pekan," beber dia.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Tips Memilih Makanan Sehat untuk Pasien Covid-19 Isoman, Catat Ya!

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengimbau kepada masyarakat supaya jangan panik saat melakukan isolasi mandiri di rumah karena terjangkiti Covid-19. Pasalnya, pemerintah telah melibatkan sebelas jasa telemedicine swasta yang bisa dimanfaatkan oleh warga selama menjalankan isoman.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas
Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.