Memiliki anak jadi salah satu sumber kebahagian para orang tua. Meksi begitu, akan ada saja tantangan yang dialami oleh para orang tua dalam membesarkan anak.

Salah satu masalahnya adalah mendidik anak agar bisa tumbuh dengan percaya diri. Hal ini tentu sangat penting karena kepercayaan diri akan membawa anak menuju kesuksesan di masa depan. Anak yang kurang percaya diri bisa mengalami masalah, terutama dalam hal bersosialisasi saat tumbuh dewasa.

Untuk menjadi sukses, kepercayaan diri adalah hal yang paling penting. Dan rasa percaya diri adalah sesuatu yang dipupuk sejak kecil. Jika seorang anak kehilangan kepercayaan diri, dia tak dapat memperolehnya secara maksimal ketika sudah dewasa.

Anak yang percaya diri selalu lebih sukses dan bahagia dalam hidupnya daripada anak yang pasif. Yuk kenali aktivitas apa saja yang bisa meningkatkan rasa percaya diri anak:

Membuat Daftar Afirmasi

Menurut Big Life Journal, membuat daftar afirmasi sangat membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri dan menjalani hidup dengan lebih terencana. Minta mereka untuk mengambil selembar kertas dan menulis semua afirmasi yang ada di pikiran mereka, misalnya "Saya seorang pemecah masalah...Saya suka mencoba hal-hal baru...Saya mencoba lagi jika saya gagal," dan lain-lain.

Hal ini tak hanya akan membantu meningkatkan kepercayaan diri pada anak, tetapi juga akan membuat pikirannya positif dan terarah.

Baca Juga: 6 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Bisa Menghargai Perempuan, Dicatat Ya!