Berbicara mengenai tubuh, pasti banyak orang yang ingin memiliki berat badan ideal. Namun, hal itu akan sulit dilakukan ketika kamu hobi makan. Terlebih, makan malam yang digadang-gadang menjadi pemicu kelebihan berat badan.

Tahukah kamu, ternyata hobi makan di tengah malam bisa menjadi tanda bahwa kamu mengidap kelainan tertentu lho. Kelain apa ya?

Sering lapar saat tengah malam dan makan begitu banyak merupakan tanda dari Night Eating Syndrome (NES). Dilansir dari laman Hellosehat, NES adalah salah satu bentuk kelainan makan selain anorexia nervosa atau bulimia nervosa.

Sindrom ini bisa kamu amati saat makan dalam porsi kecil tetapi sering di malam hari. Karakteristik dari sindrom NES adalah tak merasa lapar sepanjang pagi dan siang hari, tetapi keinginan untuk makan menjadi sangat tinggi di malam hari.

Ciri lainnya, seseorang yang mengidap sindrom ini terbiasa bangun di malam hari hanya untuk makan dan sering disertai kesulitan tidur (insomnia). Dapat disimpulkan NES merupakan kelainan pola makan, tidur, dan gangguan mood.

Untuk mengetahui apakah kamu mengidap sindrom ini, perlu melakukan diagnosis selama tiga bulan. Kamu perlu mengamati apakah selama tiga bulan itu pola makanmu lebih besar di waktu sore dan malam.

Baca Juga: Perhatikan Ya! Hindari Makan Malam dengan 4 Menu Ini Demi Jaga Kesehatanmu!

Untuk mengobati NES, direkomendasikan minum obat antidepresan, namun harus sesuai dengan anjuran dokter ya. Karena, obat itu dapat memperbaiki pola makan, mood, dan kualitas hidup seseorang. Selain itu, diperlukan juga konseling gizi untuk mengubah waktu dan frekuensi makan, serta berolahraga dan manajemen stres.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.