Jamur merupakan salah satu tanaman sayur yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Teksturnya yang lembut dan sedikit kenyal membuat jamur menjadi pilihan banyak orang.

Salah satu jenis jamur yang paling terkenal dan mudaih ditemukan yakni jamur portobello atau dikenal juga dengan nama jamur kancing. Jamur portobello memiliki rasa yang kuat dan tekstur seperti daging. Tidak hanya itu saja, jamur ini juga mengandung gizi yang penting bagi tubuh.

Mau tahu apa saja manfaat dari jamur kancing? Berikut ini beberapa manfaat yang telah dilansir dari laman sindikasi GenPI.co:

1. Menurunkan risiko kanker

Jamur kancing memiliki sifat antikanker dari fitokimia yang memiliki efek positif terhadap perkembangan sel sehat dan respon imun. Hal ini diungkapkan oleh Nutrition and cancer.

Para peneliti dalam studi tersebut membandingkan efek ekstrak jamur pada tikus. Hasilnya, tikus yang diberi ekstrak mengalami penurunan ukuran tumor prostat dan proliferasi sel tumor. Hal tersebut dibandingkan dengan kelompok tikus yang enggak mendapatkan ekstrak jamur.

2. Menjadi pengganti daging

Apakah kamu sedang melakukan diet? Makanan yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Pasalnya, jamur kancing bisa menjadi pengganti daging lho.

Jamur portobello termasuk jamur yang rendah kalori, lemak, dan, garam, tetapi kaya akan protein. Kabar baiknya, manfaat dari jamur kancing ini juga bebas dari susu.

Selain itu, tekstur dan rasa jamur portobello mirip dengan daging. Bahkan, jamur ini juga disinyalir lebih mudah dicerna.

3. Menjaga kesehatan jantung

Berkat kandungan ergothioneine dan beta-glukan dalam jamur portobello, kamu bisa menjaga kesehatan jantung dengan aman. Stres oksidatif, peradangan, dan kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Namun, sejumlah faktor tersebut bisa dieliminasi berkat kedua kandungan dalam jamur kancing putih ini. Beta-glukan yaitu jenis serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Serat larut ini mampu membentuk zat seperti gel saat dicerna, lalu menjebak trigliserida dan kolesterol, dan menjebak penyerapannya. Kemampuan yang sama juga ditemukan pada ergothioneine.

4. Mengurangi risiko diabetes

Kandungan polisakarida pada jamur portobello berkhasiat dalam mengurangi risiko diabetes. Pasalnya, kandungan tersebut disinyalir dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan resistensi insulin.

Sementara itu, polisakarida juga bisa berfungsi sebagai prebiotik. Sudah bukan rahasia umum lagi bila prebiotik merupakan zat yang baik untuk kesehatan usus. Artinya, konsumsi jamur kancing menawarkan manfaat bagi usus Anda

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.