Serupa tapi tak sama, Moms pasti mengira baking soda dan baking powder ini sama saja karena sama-sama berfungsi sebagai pengembang yang membuat tekstur kue lembut dan enggak bantat. 

Ternyata, keduanya ini berbeda lho Moms dan tentunya bisa memengaruhi tekstur dari kue yang dibuat. Keduanya memiliki fungsi dan karakternya masing-masing, Moms. 

Nah, supaya Moms enggak salah lagi, berikut ini perbedaan dari Baking Soda dan Baking Powder melansir dari berbagai sumber (24/7/2021). Simak baik-baik ya, Moms!

Kandungan Bahan yang Berbeda

Baking soda mengandung 100han kimia yakni natrium bikarbonat yang berguna untuk menurunkan kadar asam. Sedangkan baking powder setidaknya sama-sama mengandung bikarbonat namun dengan kadar yang rendah serta adanya campuran krim tartar dan bahan pengering

Kerja Fungsi yang Berbeda

Karena terbuat dari bahan natrium bikarbonat secara menyeluruh, baking soda agar bisa membuat kue menjadi mengembang dan memberikan tekstur yang lembut memerlukan bahan asam tambahan seperti lemon atau yogurt. Berbeda dengan baking powder yang tak memerlukan bahan tambahan agar bisa aktif. 

Bake or Steam?

Mengingat baking powder yang memiliki kandungan bahan pengering, sejatinya bahan ini menjadi lebih cocok untuk digunakan pada kue yang akan dimasak dengan cara dipanggang atau oven. Sedangkan baking soda lebih cocok untuk kukusan sebab sulit untuk mendapatkan tekstur kering. 

Serta, saat Moms menggunakan baking soda sebaiknya langsung dimasak karena jika dibiarkan lama bisa memengaruhi tekstur kue dan bisa menjadi bantat. 

Memengaruhi Rasa

Bukan cuman itu aja Moms, penggunaan baking powder secara berlebihan bisa menimbulkan rasa pahit pada kue. Tapi, kalau baking soda sama sekali tak akan memengaruhi rasanya sekalipun Moms tanpa sengaja kelebihan pada takarannya. 

Nah itu dia perbedaan dari baking soda dan baking powder. Jadi, Moms enggak bakalan keliru lagi, deh!