Windy Cantika Aisah berhasil meraih medali pertama Indonesia pada festival olahraga paling bergengsi, Olimpiade Tokyo 2020. Windy sukses meraih medali perunggu berkat total angkatan 194 kg pada babak final yang berlangsung pada Sabtu (24//7/2021) siang WIB. 

Atlit berusia 19 tahun kelahiran kota kembang Bandung 11 Juni 2002 ini sukses menunjukkan kehebatannya sebagai atlit yang terbilang masih sangat muda. Tercatat Windy memiliki total angkatan yang dibukukan melalui usaha angaatn snatch 84 kg serta upaya clean jerk seberat 110 kg yang membawanya mendapatkan medali perunggu. 

Melansir dari laman kompas.com, angka tersebut membuat rekor baru bagi Windy sepanjang kariernya yang tercatat di laman resmi Federasi Angkat Berat Internasional (IWF). 

Sebelum di Olimpiade Tokyo 2020, Windy sudah berhasil memeroleh total angkatan sebear 191 kg pada Kejuaraan Dunia Junior Angkat Berat di Tashkent, Uzbekistan. Dan membuat dirinya sukses membawa pulang medali emas mengalahkan pesaingnya dari Rusia dan Romania di nomor 49 kg putri. 

Tak cuma itu, berada pada nomor yang serupa juga Windy sudah pernah mendapatkan medali emas terlebih dulu dalam ajang SEA GAMES 2019. 

Berkat keberhasilannya meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Windy bisa mengantongi bekal berhaga untuk turun di Asian Games Guangzhou 2022 mendatang. 

Windy Cantika sejatinya sudah menekuni olahraga angkat besi sejak dirinya duduk dibangku kelas 5 Sekolah Dasar. Ketertarikannya pada cabang olahraga ini menurun dari sang ibu. Ibunda Windy juga merupakan atlet angkat besi kenamaan Indonesia. Siti Aisah ibunda Windy sudah pernah meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Angkat Besi yang terselenggara pada tahun 1988.

Windy digadang-gadang merupakan penerus dari Sri Wahyuni karena sudah berhasil memecahkan rekor remaja di Thailand dan Filipina. 

Tahun 2019, Windy berhasil mencatat banyak rekor terbaik sebagai atlet angkat besi putri. Total angkatan 177 kg pada Championships di China, 179 kg pada ajang IWF Junior World Championships di Fiji, 189 kg pada ajang IWF World Championships di Pattaya, dan puncaknya pada ajang SEA GAMES dengan total angkatan 190 kg yang diselenggarakan di Filipina.

Biodata Windy Aisah

Nama Lengkap: Windy Cantika Aisah.

Tempat/Tanggal Lahir: Bandung, Indonesia/11 Juni 2002.

Kebangsaan: Indonesia.

Kategori Lomba: 49 kg Putri

Rekor Angkatan Total: 194 kg (Olimpiade Tokyo 2020)

Prestasi: Medali perunggu kelas 49 kg putri Olimpiade Tokyo 2020