Kabar duka datang dari pemeran sinetron Amanda Manopo lantaran sang ibunda meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19. Ibunda Amanda Manopo menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta.

Selama di rumah sakit, ibunda Amanda Manopo memang dikabarkan dalam keadaan kritis. Apalagi, ia juga memiliki penyakit penyerta alias komorbid diabetes.

Dilansir dari laman Diabetes.org (26/7/2021), apabila seseorang terpapar Covid-19 dan memiliki penyakit penyerta diabetes, maka ia lebih mungkin mengalami komplikasi serius. Secara umum, penderita diabetes lebih cenderung memiliki gejala dan komplikasi yang lebih serius.

Infeksi virus juga dapat meningkatkan peradangan atau pembengkakan internal pada penderita diabetes. Hal tersebut disebabkan oleh gula darah di atas normal dan peradangan itu dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah.

Namun, risiko seseorang sakit parah akibat terpapar Covid-19 dengan komorbid diabetes bisa lebih rendah apabila dikelola dengan baik. Makanya, penting untuk mengetahui cara mengontrol gula darah.

Menurut spesialis penyakit dalam dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD., mengatur gula darah sebenarnya enggak sulit dan sudah banyak orang yang tahu, tapi sulit untuk melakukannya. Namun, yang terpenting adalah mengatur asupan nutrisi dan juga pola hidup sehat.

Baca Juga: Amanda Manopo Lagi-lagi Pancing Reaksi Fans Ikatan Cinta, Kepergok Komentar Begini di Unggahan Evan Sanders

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.