Pandemi virus corona atau Covid-19 belum berakhir. Sejumlah negara terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Sebuah studi dalam jurnal Nature memberi kabar bahwa suntikan kedua vaksin Covid-19 bisa mendorong sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Namun, salah satu hal yang membuat orang heran adalah meski sudah melakukan vaksin, seseorang masih bisa terpapar Covid-19.

Bahkan dilaporkan dalam studi King's College London pada Mei 2021, ada gejala virus corona unik pada orang-orang yang sudah melakukan vaksinasi.

Para peneliti secara rinci membandingkan orang dewasa yang positif Covid-19 setelah vaksinasi dan orang newasa negatif Covid-19 yang sudah melakukan vaksinasi serta orang dewasa positif Covid-19 yang belum melakukan vaksinasi.

Tim peneliti fokus pada infektif virus yang berkembang lebih dari 14 hari setelah menerima satu dosis vaksin Pfizer atau AstraZeneca, yakni ketika kekebalan mulai berkembang.

Studi tersebut mengungkap bahwa bersin menjadi satu-satunya gejala virus corona yang paling umum dialami dan dilaporkan oleh orang yang sudah melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Alhamdulillah! Vaksin Sinopharm Terbukti Aman untuk Anak-anak Mulai Usia 3 Tahun, Siap Belajar Tatap Muka

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.