Asam urat adalah penyakit yang mengakibatkan metabolisme purin menjadi tak normal. Sesuai dengan namanya, penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah.

Kondisi ini biasanya akan menyebabkan penderitanya mengalami peradangan sendi, tangan, lutut, jati, hingga kaki. Hal tersebut disebabkan terbentuknya timbunan kristal yang berupa garam urat di persendian.

Rasa tak nyaman tersebut harus segera diatasi agar tidak memperburuk kondisi. Dilansir dari laman sindikasi GenPI.co (26/7/2021) berikut ini 3 obat ampuh untuk atasi asam:

1. Probenesid dan salisilat

Probenesid dan salisilat menjadi salah satu obat yang dicari-cari untuk mengatasi asam urat. Pasalnya, obat ini mampu meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine.

Namun, perlu diperhatikan, sebelum mengonsumsi obat ini perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mengerahui dosis yang sesuai.

2. Allopurinol

Allopurinol juga bisa digunakan untuk meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine. Obat ini menjadi salah satu yang sering di kondumsi penderita sakit ginjal.

Namun, dengan dosis yang berbeda. Obat ini memiliki efek samping berlebih, mulai dari sakit perut, sakit kepala, ruam pada kulit, hingga diare. Maka sangat disarankan untuk orang yang mengonsumsi obat ini harus segera beristirahat agar efeksamping tak semakin membutuk.

3. Febuxostat

Baca Juga: 3 Makanan Ini Haram Bagi Penderita Asam Urat, Awas Sebabkan Nyeri Hebat!

Berbeda dengan dua obat di atas, Febuxostat digunakan untuk menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh. Perlu diperhatikan, sebelum mengonsumsi obat ini harus disertai konsultasi dokter terlebih dahulu, sebab memiliki efek samping, mulai dari pusing, sakit dada, nyeri pinggang, demam, mual, hingga sakit perut.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.