Setumpuk pekerjaan yang tak bisa diselesaikan selama seharian tentunya membuat kita mau tak mau harus mengebut mengerjakannya sekali pun sampai memakan waktu tengah malam. Tak sedikit dari kita yang merasakan demikian.

Sudah menyiapkan diri dengan tidur sejenak ternyata belum cukup untuk mengisi energi agar bisa tetap terjaga semalaman. 

Banyak dari kita pastinya akan lari pada kafein sebagai booster energy karena bisa menahan rasa ngantuk. Tapi jika mengonsumsinya secara berlebihan apalagi pada saat siang hari sudah lebih dari 3 cangkir kopi tentunya tak sehat.

Atau bagaimana dengan Beauty yang memang tak terlalu menyukai kafein dari kopi atau teh supaya energi selama begadang bisa tetap terjaga? 

Ternyata kafein tak menjadi satu-satunya cara agar malam kita tetap terjaga lho. 7 cara ini bisa Beauty coba sewaktu mengerjakan tugas saat begadang. Berikut diantaranya. 

1. Menemukan Sesuatu yang Lucu 

Sebuah studi mengatakan, orang yang tertawa dapat meningkatkan detak jantung dan menghasilkan energi. Enggak cuman itu, tertawa juga bisa menghilangkan stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan endorfin yang bisa didapatkan dari berolahraga. 

2. Mengunyah Permen Karet

Para peneliti di Wales mulai menguji teori bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif dengan melakukan tes stres kepada 133 sukarelawan, memantau detak jantung mereka, dan mengukur kortisol dalam air liur mereka. Hasilnya adalah mengonsumsi permen karet dapat memberikan suasana hati yang lebih positif dibandingkan yang tak mengonsumsi. 

Suasana hati yang baik tentunya dapat meningkatkan energi bukan? Cobalah! 

3. Mendengarkan Musik Kesukaan

Saat sudah merasa mengantuk, sebaiknya Beauty mendengarkan musik kesukaan khususnya lagu yang ceria dan menyenangkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa dopamin kimia perasaan-baik ditemukan 9% lebih tinggi pada mereka yang mendengarkan musik yang mereka sukai.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Music Therapy menunjukkan bahwa, peserta yang disuruh bernyanyi mengatakan bahwa hal itu membuat mereka lebih berenergi dan kurang mengantuk.

4. Menghirup Aroma Jeruk 

Menghirup salah satu aroma jeruk ini mungkin bisa meningkatkan mood dan membuat Beauty merasa berenergi. Dalam satu penelitian, para ilmuwan Brasil mengungkapkan mereka yang mencium aroma minyak jeruk tidak merasakan cemas. 

5. Meditasi

Sebuah penelitianmelihat cara meditasi bisa mempengaruhi otak dan telah menemukan hasil bahwa meditasi dapat menghilangkan stres yang dapat menyebabkan kelelahan. Dengan meditasi, Beauty bisa mendapatkan energi dan bisa tergaja semalaman. 

6. Berolahraga

Tren olahraga tengah malam sudah bukan menjadi hal yang aneh lagi ya, Beauty. Olahraga yang baik bisa mendorong aliran oksigen dan sirkulasi darah, yang mengarah ke tingkat energi yang lebih besar. 

7. Mengatur Jadwal

Baca Juga: Minum Kopi Buat Begadang Emang Beneran Efektif? Maksimalkan Begadang dengan Caffeine Nap!

Rencanakan untuk menyelesaikan tugas tersulit dan paling menyita waktu Anda lebih awal. Itu memungkinkan Beauty untuk mengambil lebih banyak waktu istirahat yang baik. Setidaknya jika memang tetap harus begadang, Beauty tak akan terlalu banyak memakan waktu, sebab pekerjaan yang akan diselesaikan tak terlalu sulit.