Menu

Apa Itu Pigmented?

Ira Nur Aini
23 April 2020 15:05 WIB
Apa Itu Pigmented?

Ilustrasi makeup pigmented.(Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pigmented adalah makeup dengan level pigmentasi warna yang pekat, warnanya langsung terlihat jelas dalam sekali sapuan saja. Biasanya, istilah ini digunain untuk mendeskripsikan warna sebuah produk make up. Pigmented ini artinya juga warna pekat yang keluar tanpa harus dipulas berkali-kali.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (23/4/2020), pigmen atau zat warna adalah zat yang mengubah warna cahaya tampak sebagai akibat proses absorpsi selektif terhadap panjang gelombang pada kisaran tertentu. Di dalam dunia percetakan, pigmen dibagi dalam tiga pigmen dasar yang mampu meniru pigmen-pigmen lain jika dicampurkan dengan proporsi tepat, yaitu pigmen cyan, magenta, dan kuning. Sebagai tambahan, untuk mendapatkan kedalaman warna ditambahkan pigmen hitam. Misalnya untuk mendapatkan sensasi warna merah, dicampurkan pigmen magenta dan kuning dengan proporsi tertentu. Pigmen alami banyak yang dihasilkan oleh organisme, dan banyak yang bernilai ekonomi. Pigmen yang dihasilkan oleh organisme dikelompokkan sebagai pigmen hayati.

Baca Juga: Apa Itu Feminisme?

Baca Juga: Apa Itu Emansipasi Wanita?

Nah Beauty, pasti kamu sering mendengar beauty vlogger mengucapkan pigmented ataupun jika kamu pergi untuk membeli makeup pasti pelayan juga mengucapkan pigmented bahkan jika kamu mempunyai suatu alat makeup lalu temanmu melihatnya dan meminta juga mengatakan hal yang sama. 

“Eyeshadow palette ini pigmented banget!” sebagai slaah satu contoh.

"Ya ampun, warnanya pigmented banget!" ujar seorang beauty vlogger saat mencoba eyeshadow. Pigmented merupakan suatu testimonial positif terhadap produk makeup.

Biasanya makeup yang pigmented punya tekstur yang buttery (seperti mentega) atau tekstur creamy. Makeup yang pigmented biasanya memiliki harga yang cukup mahal karena kualitasnya dinilai bagus. Produk makeup yang memiliki warna pigmented seperti eyeshadow, blush-on, lipstik hingga highlighter. Supaya produk yang kamu gunakan pigmented, kamu bisa menggunakan primer pada wajah atau kelopak mata.

Share Artikel: