Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Semua orang tentu bisa terpapar Covid-19, termasuk ibu hamil dan juga menyusui. Bagi ibu menyusui yang positif Covid-19, pasti akan berdampak pada bayi dan juga pemenuhan ASI si buah hati.

Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir ya, Moms. Kementerian Kesehatan telah merilis cara menyusui bayi untuk ibu yang positif terpapar Covid-19.

Cara menyusui bayi untuk ibu positif Covid-19

Untuk ibu menyusui yang terpapar Covid-19, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan agar busui dapat menyusui si buah hati dengan aman. Yuk, catat ya, Moms!

  1. Pastikan si ibu enggak mengalami gejala Covid-19 yang berat.
  2. Ibu menyusui positif Covid-19 tetap menerapkan protokol kesehatan saat memberi ASI.
  3. Ibu harus mengenakan pakaian bersih dan masker saat menyusui.
  4. Agar bisa menyusui dengan aman, lakukan kontak kulit antara ibu dan bayi saat keduanya dalam keadaan stabil. Jika salah satu mengalami gejala, seperti batuk atau demam, menyusui secara langsung sebaiknya enggak dilakukan.
  5. Saat kondisi ibu enggak bisa menyusui, bayi bisa diberikan ASI perah (ASIP) untuk tetap memenuhi nutrisinya. Ibu tetap dapat memompa ASI dan anggota keluarga yang lain atau ayah memberikannya pada si bayi.

Itulah beberapa cara menyusui bayi saat ibu positif terpapar Covid-19. Selain itu, busui yang positif Covid-19 juga perlu tahu tips menyimpan ASI perah yang benar.

Baca Juga: Moms, Perlu Kamu Tahu! 3 Tanda ASI Kalau Basi

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.