Semua orang tentu bisa terpapar Covid-19 kalau enggak menjaga kesehatan tubuhnya, bahkan ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang bisa memperparah seseorang apabila terinfeksi Covid-19.

Melansir dari Aljazeera (27/7/2021), kondisi kesehatan tertentu yang mendasari atau dikenal sebagai komorbid meningkatkan risiko seseorang menjadi sakit parah akibat tertular Covid-19. 

Lantas, penyakit apa saja yang bisa memperparah kondisi pasien Covid-19 dan apa alasannya? Yuk, simak baik-baik, ya!

Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit berbahaya, apalagi jika terpapar Covid-19. Sekitar 10 persen pasien Covid-19 dengan penyakit jantung akan meninggal.

Ketika virus menyebabkan peradangan dan infeksi di paru-paru, mereka enggak seefisien melakukan pertukaran gas seperti sebelum infeksi. Hal ini menyebabkan kadar oksigen darah menurun.

Saat hal ini terjadi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa oksigen yang ada dalam darah ke seluruh tubuh. Kondisi tersebut dapat melelahkan dan juga melemahkan jantung.

Baca Juga: Waduh Bahaya! Varian Baru Covid-19 Bisa Menular Lewat...

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.