Bayi yang memang belum bisa berbicara, terkadang membuat Moms cukup kebingungan untuk memahami apa yang sedang ia rasakan atau inginkan. 

Mungkin Moms juga merasa kalau cara berkomunikasi dengan bayi melalui ekspresi hanya dengan dua cara, menangis atau tersenyum. Sebagai tanda ia sedang tak nyaman atau bahagia. Ternyata, bayi memiliki beragam ekspresi lho Moms untuk mengutarakan apa yang sedang ia rasakan dan inginkan. 

Komunikasi juga bisa mempererat hubungan Moms dan si kecil, serta si kecil menjadi bisa belajar lebih memahami reaksi yang orang tuanya berikan. 

Tak cuma membuatnya nyaman, berkomunikasi yang baik dengan si kecil juga bisa menanamkan rasa percaya diri dan bisa mengenal orang di sekitarnya.

Melansir dari berbagai sumber (27/7/2021), berikut ini 7 ekspresi yang harus Moms pahami supaya enggak salah lagi menanggapi si kecil. 

1. Matanya Berbinar

Ketika ada sesuatu hal yang menarik perhatiannya, si kecil akan membesarkan matanya sambil memainkan alisnya. Bahkan si kecil tak sungkan untuk menunjuk dan menghampiri objek yang menjadi fokusnya dan ingin menggali informasi lebih lanjut terkait objek yang dimaksud. Momen ini merupakan waktu yang tepat bagi Moms untuk mengenalkan dan menstimulasi kosa kata baru melalui kata-kata yang sederhana tentang objek tersebut. 

2. Mengerutkan Dahi

Jika si kecil menangis disertai suara yang menggeram dan mengerutkan dahi, tandanya ia sedang merasa enggak nyaman nih Moms. Si kecil juga tanpa ragu akan mengangkatkan kakinya ke dada untuk mengkomunikasikan kalau dirinya sedang gelisah. 

3. Dagu Bergetar

Baca Juga: 6 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Bisa Menghargai Perempuan, Dicatat Ya!

Kondisi ini menandakan kalau si kecil sedang berada diposisi yang tertekan atau kesulitan lantaran terlalu banyak menerima stimulasi. Si kecil yang merasa seperti ini terkadang disertai tangisan sambil kedua alisnya melengkung ketengah dan sudut mulutnya menurun.