Moms pasti sudah tahu, kalau bayi menggunakan bahasa tubuh secara menyeluruh untuk berkomunikasi. Sedangkan orang dewasa 65% menggunakan bahasa tubuh untuk berkuminasi. 

Beverly Morgan seseorang yang melakukan penelitian terhadap gerak tubuh bayi mengatakan, gerarakan tubuh bayi merupakan ungkapan perasaan dan keinginannya. Setiap bayi juga memiliki pola dan menyiratkan makna yang sama. 

Gerakan bayi yang memiliki makna tersirat tak cuma menangis dan tertawa aja, Moms. Masih ada banyak gerakan tubuh bayi yang memiliki makna tersirat dan berbeda disetiap gerakannya. 

Melansir dari laman ayahbunda.co.id (27/7/2021), berikut ini sederet gerakan tubuh bayi yang harus Moms ketahui agar bisa menanggapinya dengan baik dan sesuai harapan si kecil. 

Mengangkat Punggung

Bayi yang sedang mengangkatkan punggungnya sampai melengkung, membukakan mata, kaki, dan tangannya ini menyiratkan makna kalau si kecil sedang merasakan sesuatu yang membuatnya sakit atau sedang kesal terhadap sesuatu. 

Mengernyitkan Hidung

Nah, kalau yang ini, si kecil sedang memberikan respon kalau ia tak mau dan tak menyukai sesuatu yang Moms sodorkan kepadanya.

Menutup Mata 

Baca Juga: Yuk Ketahui 5 Jenis Susu Formula untuk Si Kecil Sebelum Beli, Moms Pilih yang Mana Nih?

Menutup mata menggunakan kedua tangannya mengisyaratkan kalau ia sedang merasa terganggu dan lelah melihat banyak hal. Gerakan ini juga menandakan kalau ia sedang melindungi dirinya dari kebisingan lho, Moms.