Olahraga merupakan aktivitas fisik yang baik bagi kesehatan tubuh. Bagi penderita maag, justru tak sembarang olahraga boleh ia lakukan. 

Penderita maag yang melakukan olahraga sembarangan bisa menimbulkan masalah berarti terhadap lambungnya. Keadaan lambungnya justru bisa lebih parah jika salah memilih jenis olahraga. Ia tetap membutuhkan olahraga yang rutin demi kesehatan tubuhnya.

Maag merupakan suatu kondisi dimana perut terasa begah, nyeri dan perih. Olaharaga yang benar dapat mencegah komplikasi atau kekambuhan gejala maag. 

Alasan kenapa penderita maag harus lebih selektif dalam memilih jenis olahraga adalah, jika ada gerakan olahraga yang salah tentunya dapat meningkatkan tekanan pada perut. 

Beauty yang memiliki riwayat maag, 3 jenis olahraga ini cocok buat kamu! Berikut diantaranya seperti dilansir dari laman klikdokter.com (28/7/2021).

Renang

Berenang membuat seluruh tubuh akan bergerak, sehingga gerakan yang dapat menimbulkan tekanan pada perut dapat dihindari dengan baik.

Jalan Santai

Dengan jalan santai, otot pada tubuh tetap bisa bekerja kok dan masih terhitung sebagai olahraga. Mengingat olahraga lari cepat enggak dianjurkan bagi penderita maag karena akan dengan mudah membuat otot menegang yang berdampak pada adanya tekanan pada perut. 

Yoga

Olahraga yang satu ini memang lagi sangat eksis dan digemari oleh banyak orang. Latihan pernafasan dan peregangan otot dalam olahraga yoga bisa meredakan tekanan yang ada pada perut. Sehingga olahraga yang satu ini cocok banget buat Beauty yang memiliki riwayat maag. Tapi, untuk olahraga yoga ini harus didampingi oleh instruktur ya, Beauty!

Baca Juga: Punya Masalah Asam Lambung? Coba 5 Jenis Olahraga Ini Yuk untuk Kurangi Gejalanya

Hal yang tak boleh dilewatkan bagi penderita maag sebelum memulai aktivitas yakni, makan. Semoga bermanfaat ya, Beauty!