Tanggal 1 sampai 7 Agustus merupakan sebuah momen perayaan World Breastfeeding Week atau Pekan Menyusui Dunia (PMD), yaitu sebuah kampanye global yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi di seluruh dunia.

Setelah mengangkat isu lingkungan pada tahun 2020, pada tahun 2021 ini, Pekan Menyusui Dunia mengangkat tema "Perlindungan Menyusui Tanggung Jawab Bersama". 

Tema yang diangkat tersebut memiliki makna bahwa kesuksesan menyusui bukan hanya tanggung jawab ibu seorang, tapi memerlukan perlindungan berupa dukungan dari seluruh pihak, mulai dari keluarga, komunitas, tempat kerja, pemerintah, sampai tingkat global.

Pandemi Covid-19 telah membawa implikasi positif dan negatif terhadap menyusui. Di satu sisi, karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, orangtua memiliki waktu untuk berada di rumah dan fokus pada perawatan dan pengasuhan bayi.

Namun di sisi lain, terjadi praktik pemisahan ibu dan bayi di berbagai fasilitas kesehatan di berbagai negara karena khawatir terhadap risiko penularan virus corona.

Dalam pedoman terbaru Kementerian Kesehatan RI, telah disepakati mengenai perawatan ibu dan anak termasuk menyusui tanpa memandang status Covid-19.