Beauty pasti disini pernah mengalami sakit gigi dan kerap menyalahkan makanan manis sebagai penyebabnya. Faktanya, tak cuma makanan manis aja lho, yang bisa menyebabkan sakit gigi hingga berlubang. 

Gigi merupakan item penting dalam menunjang penampilan. Orang secara tak sengaja tentunya akan memperhatikan gigi kita ketika senyum atau berbicara. Maka dari itu, penting banget buat menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Tak cuma rutin menyikat gigi 2 kali sehari, membersihkan gigi dengan dental floss, dan melakukan kunjungan rutin minimal 6 bulan sekali ke dentis, Beauty juga perlu memerhatikan 6 makanan ini yang ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. 

Berikut diantaranya melansir dari berbagai artikel (29/7/2021).

1. Makanan Asam

Siapa yang akan mengira makanan asam bisa menjadi penyebab kerusakan gigi? Selain memberikan rasa segar, makanan yang mengandung asam ternyata dapat melemahkan lapisan enamel gigi lho, Beauty. Akibatnya gigi menjadi lebih sensitif, gigi berlubang, dan menjadi kuning. 

2. Makanan Lengket atau Kenyal

Tak cuma memberikan sensasi saat mengunyahnya, makanan lengket atau kenyal bisa menjadi penyebab gigimu rusak atau berlubang. Lantaran makanan ini memiliki risiko menempel pada gigi yang bisa berujung jadi bakteri jika tak dibersihkan dengan benar. 

3. Makanan Olahan Tepung 

Baca Juga: Gigi Sering Terasa Sakit? Mungkin Ini Pemicunya

Penting untuk diketahui, karbohidrat yang sudah diolah ketika dikonsumsi maka kandungannya akan berubah menjadi gula. Makanan yang mengandung tepung seperti roti dan keripik kentang juga mudah untuk tersangkut di gigi yang mengakibatkan bakteri jahat muncul.