Melatih kemampuan motorik si kecil sama pentingnya seperti dengan menjaga asupan nutrisi mereka. Akan tetapi dua hal ini bisa digabungkan dalam satu kegiatan seru untuk si kecil, salah satunya kegiatan snacking atau makan camilan.

Melansir educatall (30/07/2021) para orang tua bisa membuat momen makan snack sebagai kegiatan untuk menstimulasi perkembangan motorik si kecil. Memberi si kecil snack bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengembangkan keterampilan motorik hingga membangun kemandirian mereka.

Lewat kegiatan makan snack, Moms bisa mengenalkan ragam camilan yang bisa membantu mereka belajar melatih gerak tubuh dan mengenali bentuk. Meski kadang berakhir berantakan, cara ini dapat menstimulasi kemampuan motorik halus mereka agar terus berkembang di kemudian hari. Melansir raisingchildren.net.au, Moms bisa mulai melatih motorik si kecil dengan memberikan camilan atau snack yang bisa mereka ambil dan genggam sendiri.

Tahukah Moms? Keterampilan motorik bayi mengambil makanan dikenal juga sebagaiĀ pincer grasp. Snack seukuran finger food membantu anak belajar menyentuh, meremas, dan menggenggam makanan yang mereka makan. Sehingga si kecil bisa menyuap camilan ke mulutnya sendiri dan mengunyah serta mengenal tekstur camilan yang mereka makan.

Baca Juga: Enak! Ini Ide Snack Renyah yang Sehat dan Aman untuk Si Kecil

Dengan membiarkan si kecil makan sendiri, Moms juga akan membantu mereka belajar lebih banyak tentang rasa, tekstur, bau, dan bentuk makanan. Terutama, pada anak-anak yang sedang belajar mengenal makanan padat juga mereka yang baru bertumbuh gigi. Selain itu, cara ini juga dapat membantu melatih kemandirian si kecil.