Kasus pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 semakin bertambah setiap hari. Kasus kematian yang masih tinggi juga menjadi perhatian.

Seseorang yang terpapar Covid-19 dengan gejala berat, bisa langsung ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Namun, untuk pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala disarankan untuk menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. 

Kasus kematian yang terus bertambah akibat Covid-19 menjadi perhatian Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ia menjelaskan cara yang tepat untuk mencegah kematian saat menjalani isoman.

Menurut Menkes Budi, apabila saturasi oksigen atau kadar oksigen daram darah di bawah 94 persen, maka harus segera dilarikan ke rumah sakit.

"Kalau sudah di bawah 94 persen harus dirujuk bisa dibawa ke puskesmas, yang akan menugaskan ahli kesehatan untuk mengecegk atau pergi ke isolasi terpusat seperti RS Darurat Wisma atlet, sehingga bisa diawasi saturasinya seperti apa," kata Menkes Budi saat konferensi pers.

Baca Juga: Catat! Ini 3 Saran dari Ahli untuk Cegah Keparahan dan Long Covid-19

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.