Terkadang kita merasa takut dan panik ketika mendapati seseorang sedang melotot ke arah kita. Apakah ia sedang merasa kesal atau salah satu ekspresi terkejut. 

Namun, kita kerap menggeneralisasikan mata melotot menandakan seseorang sedang marah. Ternyata, seseorang yang sedang melotot atau mata yang menonjol keluar bisa jadi salah satu gejala dari kondisi hipertiroid. 

Melansir dari laman Rumah Sakit St. Carolus (4/8/2021), sebanyak 30-40%  penderita hipertiroid disebabkan karena autoimun akan mengalami gejala mata tiroid. 

Penderitanya akan merasakan gejala lain seperti tak tahan udara panas, berat badan menurun, jantung berdebar, emosional terganggu, berkeringat. Dimana semua sistem metabolismenya bekerja lebih cepat dibandingkan seharusnya. 

Seseorang yang mengalami gejala seperti itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam, sedangkan untuk kelainan mata tiroid melakukan pemeriksaan bersama dokter spesialis mata agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Mata harus terlindungi dari debu, udara kering, dan ekspos dari dunia luar. Ketika tidur pun idealnya menggunakan penutup mata. Bagi mata tiroid yang masih terbilang rendah, perawatannya cukup menggunakan obat tetes mata dan  multivitamin yang mengandung selenium. 

Sedangkan untuk mata tiroid sedang dan berat, diperlukan perawatan khusus dengan beberapa obat khusus seperti steroid infus dan melakukan terapi pembedahan oleh dokter spesialis mata. 

Bilamana Beauty merasakan adanya gejala-gejala tersebut, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis agar dapat melakukan pencegahan dan penanganan yang baik. 

Baca Juga: Waktu Anak Bermain Gadget Meningkat, Ahli Peringatkan Ancaman Kesehatan Mata, Waspada Moms!

Semoga bermanfaat!