Membaca merupakan kegiatan paling menyenangkan bagi para pecintanya. Dengan gemar membaca, tentu akan banyak pula ilmu dan pengetahuan yang didapatkan. 

Bangsa yang para penduduknya gemar membaca, juga lebih cepat maju daripada yang kurang atau enggak sama sekali. Nggak heran, buku menjadi salah satu yang paling dicintai oleh masyarakat suatu negara tersebut.

Bahkan, ada beberapa kota di dalam suatu negara dijuluki sebagai surganya para si book lovers lho. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut.

Jimbocho, Jepang

Jepang merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia, yang memiliki budaya membaca yang sangat tinggi lho. Tak ayal, Jepang dijuluki sebagai surganya para pecinta buku.

Buat kalian si penyuka buku, bisa nih melipir ke distrik Jimbocho yang berada di kawasan Chidoya. Distrik Jimbocho ini merupakan pusatnya toko buku sekaligus menjadi pusat percetakan buku, toko seni, dan toko antik.

Kelompok pecinta buku dan sastra di Jepang memiliki tempat berkumpul khusu di distrik Jimbocho ini lho!

Hay-on-Wye, Wales

Kota kecil yang berada di perbatasan Inggris ini merupakan surganya para pecinta buku lho, Guys! Hye-on-Wye ini tepatnya berada di pinggiran sungai Wye di Powys, Wales.

Meski disebut kota kecil, tapi daerah ini dijuluki sebagai surganya para pecinta buku. Banyak sekali toko buku yang tersebar di daerah tersebut.

Menurut situs Amusing Planet, keberadaan toko buku di Hay-on-Wye ini pertama kali dipopulerkan oleh Richard Booth pada 1961. Pria ini mendirikan toko buku bekas yang akhirnya menjadi populer dan diikuti oleh para tetangganya kala itu

Mundal, Norwegia

Kota kecil nan Indah di Norwegia ini punya koleksi buku yang melebihi jumlah penduduknya lho, Guys!

Seperti yang disebut dalam laman Travel and Traisure, Mundal merupakan kota terpencil yang dihuni oleh 280 jiwa. Tetapi, ada lebih dari 150.000 buku yang ada di sana. 

Baca Juga: The Power of #BacaSampaiTuntas VOL.6, Azhar Nurun Ala: Menulis Tanpa Membaca, Hanya Bualan Belaka

Maka tak ayal, Mundal seringkali dijuluki sebagai The Norwegian Booktown alias Kota Buku Norwegia.