Beauty, mungkin di antara kamu saat ini ada yang mengalami tumbuhnya uban pada rambut, padahal usiamu masih sangat muda. Eits! Perlu diingat, enggak selamanya uban itu identik dengan orang yang sudah tua lho. Tapi kenapa itu bisa terjadi ya? 

Ok, sebelum membahas lebih lanjut, perlu Beauty tahu kalau uban atau rambut putih itu timbul kalau rambut kekurangan melanin. Apa itu melanin? Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada rambut.

Lalu kenapa uban bisa tumbuh lebih cepat di usia muda? Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal itu terjadi, entah karena faktor gen atau gaya hidup sekali pun. Berikut HerStory rangkum lima alasan yang menjadi penyebab tumbuhnya uban di usia muda, seperti dilansir dari laman Medium.

Polusi air dan lingkungan tercemar

Tercemarnya lingkungan hingga menyebabkan polusi air, menjadi salah satu penyebab utama rambut beruban di usia muda. Medium menyebutkan, racun dan polutan di lingkungan menghasilkan radikal bebas yang merusak melamin sehingga meningkatkan tingkat penuaan pada rambut.

Terlepas dari nutrisi penting seperti melanin, kualitas air yang digunakan untuk mencuci rambut juga memengaruhi kualitas dan pertumbuhan rambut. Air yang mengandung klorin atau zat besi tinggi juga bisa menyebabkan rambut beruban sejak dini.

Baca Juga: Ingin Kulit Wajah Tampak Glowing? Begini Cara Mudahnya