Gigi yang sudah dicabut karena sebelumnya bolong dan menyebabkan nyeri tentunya memberikan efek yang menenangkan. Kita tak akan lagi merasakan sakit gigi sampai menangis karena sudah dicabut. Tapi, jika gigi ompong dibiarkan begitu saja justru dapat mengundang masalah kesehatan. 

Bagi anak kecil yang masih dalam masa pertumbuhan, cabut gigi tak akan jadi masalah karena tentunya gigi mereka akan tumbuh kembali. 

Lalu bagaimana jika orang dewasa yang melakukan cabut gigi dan membiarkannya ompong begitu saja? Tentunya akan mengundang masalah kesehatan tubuh. Masalah sakit gigi hilang, eh muncul masalah kesehatan lain akibat cabut gigi. 

Berikut ini 5 bahaya membiarkan gigi ompong begitu saja yang tak cuma menganggu penampilan melansir dari berbagai sumber (12/8/2021). Apa saja, ya?

1. Mengganggu Efesiensi Mengunyah

Baca Juga: 4 Manfaat Cabut Gigi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Gangguan Sinus!

Dengan gigi bolong yang sudah dicabut mungkin kita akan beranggapan bisa kembali mengunyah secara leluasa. Faktanya adalah tidak. Justru jika terdapat gigi yang ompong malah akan membuat proses mengunyah menjadi terganggu yang mengakibatkan pencernaan makanan dalam mulut menjadi tak optimal.