Beauty, pernah gak saat kamu asyik menyisir rambut di depan cermin, eh gak tahunya nemuin rambut putih alias uban. 

Gimana reaksimu, Beauty? Pasti kaget dong, ya.  

Nah Beauty, asal kamu tahu, ternyata gak semua orang mulai beruban pada usia umumnya. Beberapa, mulai beruban sejak dini.

Mengutip laman Healthline, Jumat (13/8/2021), uban biasanya muncul karena kehilangan melanosit atau sel pigmen di folikel rambut.

“Rambut beruban disebabkan oleh hilangnya melanosit (sel pigmen) di folikel rambut. Ini terjadi seiring bertambahnya usia dan, sayangnya, tidak ada pengobatan yang dapat memulihkan sel-sel ini dan pigmen yang mereka hasilkan, melanin,” jelas Dr. Lindsey A. Bordone, seorang dokter kulit di ColumbiaDoctors dan asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center di New York.

Lindsey juga bilang, uban yang muncul di usia disebabkan karena beberapa hal, seperti faktor genetik, kebiasaan merokok, kurang vitamin, dan stress.

Tak berkenti di situ, studi lainnya juga menyebut bahwa uban ‘prematur’ ini bisa muncul karena sindrom Werner.

Mengutip Greatist, sindrom Werner ini dapat menyebabkan beberapa gejala penuaan dini, termasuk di antaranya rambut rontok atau rambut beruban pada usia 25 tahun. Nah, sindrom Werner sendiri merupakan kelainan genetik yang membuat seseorang mengalami proses penuaan dengan lebih cepat. Duh!

Selanjutnya, penyebab kemunculan uban sejak dini juga bisa gara-gara sampo atau pewarna rambut yang mengandung bahan kimia yang terlalu keras, seperti hidrogen peroksida, lho Beauty!

Menurut riset, hidrogen peroksida ini terbukti memicu stres oksidatif pada rambut. Efek buruknya, ya dapat memicu berbagai masalah, termasuk timbulnya uban sejak dini.

Lalu, gimana dong caranya biar rambut kita bebas uban?

Menurut Kasey Nichols NMD, seorang dokter Arizona dan pakar kesehatan di Rave Reviews, dikutip dari Healthline, beberapa cara untuk menuda kemunculan uban ini adalah makan makanan tinggi asam lemak omega-3,seperti kenari dan ikan berlemak.

Penting juga, kamu jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar ultraviolet matahari yang merusak kulit dan rambut, ya Beauty. Dan terakhir, coba deh rutin konsumsi vitamin B -12 dan suplemen vitamin B-6.

Baca Juga: Beauty! Ini Sederet Mitos dan Fakta dalam Dunia Kecantikan

Tertarik ikuti tipsnya, Beauty?